Beranda | Artikel
Segala Sesuatu Butuh Latihan (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)
Senin, 20 April 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Segala Sesuatu Butuh Latihan

Setiap penggal dari sejarah kehidupan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pasti akan memberikan pelajaran yang berharga bagi kita. Walaupun penggalan itu sebuah penggalan yang tidak lama alias sebentar, namun penggalan yang sebentar tersebut jika kita ambil pelajarannya dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka hal itu akan membuahkan perilaku positif di dalam kehidupan kita di dunia ini, dan akan kita bawa insya Allah ketika kita menghadap kepadaNya.

Di antara penggalan sejarah kehidupan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah sebuah kisah yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dan Muslim dari sahabat yang mulia Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu. Beliau bercerita:

أَنَّ نَاسًا مِنَ الْأَنْصَارِ سَأَلُوا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَعْطَاهُمْ ثُمَّ سَأَلُوهُ فَأَعْطَاهُمْ ثُمَّ سَأَلُوهُ فَأَعْطَاهُمْ، حَتَّى إِذَا نَفِدَ مَا عِنْدَهُ

“Pada suatu hari ada sebagian orang-orang Anshar datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan meminta harta. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun memberi mereka, setelah diberi ternyata mereka minta kembali, dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun memberinya. Kemudian mereka meminta kembali, dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun memberinya hingga akhirnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak punya apa-apa lagi.”

Seluruh harta yang beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam habis karena diberikan kepada para sahabatnya. Hal itu tentunya memiliki tujuan mulia, yaitu dalam rangka mengambil hati dari orang-orang Anshar dan melakukan pendekatan kepada mereka.

Setelah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan hartanya, beliau bersabda:

مَا يَكُونُ عِنْدِي مِنْ خَيْرٍ فَلَنْ أَدَّخِرَهُ عَنْكُمْ، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفِّهُ اللَّهُ وَمَنْ يَسْتَغْنِي يُغْنِيْهِ اللَّهُ

“Ketahuilah, harta apa pun yang ada di tanganku maka aku tidak akan pernah menghalangi kalian untuk mendapatkannya. Akan tetapi, barangsiapa yang berusaha untuk menjaga kehormatannya maka Allah akan menjaga kehormatannya. Dan barangsiapa yang merasa cukup, maka Allah akan berikan kecukupan kepadanya.”

Mari simak penjelasan selengakapnya pembahasan mengenai “Segala Sesuatu Butuh Latihan” bersama Ustadz Abdullah Zaen di dalam rekaman kajian berikut ini.

Download Ceramah Agama: Ustadz Abdullah Zaen, M.A. – Segala Sesuatu Butuh Latihan

Jangan lupa untuk berbagi link ceramah agama ini ke Facebook, Twitter, dan Google+, yang Anda miliki. Semoga bermanfaat bagi seluruh kaum muslimin.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/13083-segala-sesuatu-butuh-latihan-ustadz-abdullah-zaen-ma/